Parenting Patterns in Fulfilling Children's Basic Rights at the Mercy Clement Indonesia Foundation
Keywords:
Parenting, Surrogate Parent, Children, Basic RightsAbstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh Panti Asuhan di Indonesia sebagai salah satu alternatif tempat pengasuhan pengganti ketika orang tua dari seorang anak tidak mampu lagi atau telah meninggal dunia dan anak tersebut tidak mempunyai keluarga lain selain orang tuanya. Melalui panti asuhan, pemerintah berharap anak-anak terlantar dan anak yatim piatu dapat merasakan kehidupan kembali seperti anak-anak pada umumnya. Sehingga panti asuhan ini menjadi harapan bagi seluruh anak-anak terlantar dan yatim piatu untuk dapat merasakan kasih sayang dan hak atas pendidikan yang belum mereka dapatkan pada usianya.
References
Badan Pusat Statistika. (2022). Produk domestik regional bruto lapangan usaha. Bps.go.id. Retrieved from https://www.bps.go.id/subject/52/produk-domestik-regional-bruto-lapangan-usaha-.html.
Baskoro, D. (2012). Pendidikan Keorangtuaan. Bandung: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Fadlillah, M., & Fauziah, S. (2022). Analysis of Diana Baumrind's Parenting Style on Early Childhood Development. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 14(2), 2127-2134.
Gusniwar, E., & Satria, R. (2022). Pola Asuh di Panti Asuhan Nurul Hikmah Padang. An-Nuha, 2(2), 437-442.
Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. (2016). Tentang Panti Asuhan Anak. kemenpppa.go.id. Retrieved from https://www.kemenpppa.go.id/index.php/page/read/31/604/tentang-panti-asuhan-anak
Kuswardinah, A. (2019). Ilmu Kesejahteraan Keluarga. Semarang: UNNESPRESS.
Mahmud, A. (2015). Pola Asuh Orang Tua dan Kemandirian Anak. Makassar: Edukasi Mitra Grafika.
Maimun. (2017). Psikologi Pengasuhan: Mengasuh Tumbuh Kembang Anak dengan Ilmu. Sanabil: Mataram
Mustafiyanti, I. (2017). Pola Pengasuhan Anak Terlantar Studi Pemenuhan Hak Anak di Lingkungan Panti Sosial Asuhan Balita Sidoarjo (Doctoral dissertation, Universitas Airlangga).
Nufus, H., & Adu, L. (2020). Pola Asuh Berbasis Qalbu dan Perkembangan Belajar Anak. Ambon: LP2M IAIN
Nurdin, I., & Hartati, S. (2019). Metode Penelitian Sosial. Surabaya: Media Sahabat Cendekia
Ramadani, S. (2021). Peran Orang Tua Asuh Dalam Mengembalikan Keberfungsian Sosial Anak Di Lembaga Sos Children’s Village Medan (Doctoral dissertation).
Sonia, G., & Apsari, N. C. (2020). Pola Asuh yang Berbeda-Beda dan Dampaknya Terhadap Perkembangan Kepribadian Anak. Prosiding Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(1), 128–135.
Surapaty, S. C., Rahayu, A., & Ratnawati, E. (2017). Penanaman dan Penerapan Nilai Karakter Melalui 8 Fungsi Keluarga. Jakarta: Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional
Syarif, S. A. (2018). Pola Pengasuhan dan Pemenuhan Hak Dasar Anak Buruh Migran Perempuan. Al-MAIYYAH: Media Transformasi Gender Dalam Paradigma Sosial Keagamaan, 11(2), 342-361.
Wekke, I. S. (2019). Metode Penelitian Sosial. Yogyakarta: Penerbit Gawe Buku